Berita Olahraga Terkini dan Terlengkap di Indonesia Berita Olahraga Bersepeda 15-20 Menit Setiap Hari, Apakah Bersepeda Cukupkah?

Bersepeda 15-20 Menit Setiap Hari, Apakah Bersepeda Cukupkah?

Bersepeda yakni salah satu variasi olahraga yang paling gampang. Kecuali bisa dikerjakan di rumah dengan sepeda statis, kau bisa juga bisa bersepeda keliling rumit atau ke taman dan hutan kota terdekat.

Namun ada kalanya kita malas berolahraga karena telah terlalu capek sepulang kerja, atau memang karena tidak ada semangat untuk mengerjakannya. Sedangkan, olahraga yang rutin betul-betul penting untuk menjaga kesehatan tubuh, khususnya di masa pandemi ketika seseorang lebih bentang terkena penyakit.

WHO memberi rekomendasi 150 menit aktivitas jasmani dengan intensitas sedang atau 75 menit aktivitas jasmani dengan intensitas berat per minggu. Dengan kata lain, seseorang setidaknya sepatutnya berolahraga selama 21 menit dengan intensitas sedang atau 10 menit dengan intensitas berat tiap-tiap harinya.

Berdasarkan Harvard University, bersepeda dengan kecepatan 19-22 km/jam diklasifikasikan sebagai olahraga intensitas sedang. Bersepeda dengan intensitas berat bisa dikerjakan dengan mengambil kelas di gym atau bersepeda di luar ruang dengan medan yang menantang.

Kamu juga bisa mengoptimalkan olahraga dengan latihan spaceman slot interval intensitas tinggi (HIIT) ke dalam rutinitas. Latihan intens ini memungkinkan tubuh membakar kalori dan membangun otot lebih kencang dan efisien.

Lantas, apa saja manfaat bersepeda 15-20 menit tiap-tiap harinya?

1. Meningkatkan kesehatan jantung
Sebagian penelitian menonjolkan bahwa bersepeda selama 15 sampai 20 menit tiap-tiap hari bisa berguna bagi kesehatan jantung. Sebuah penelitian yang dipublikasikan di JAMA Internal Medicine juga menyebutkan aktivitas jasmani dengan intensitas berat selama 75 menit per minggu (atau 12,5 menit per hari) bisa menurunkan risiko terkena kanker atau penyakit kardiovaskular.

2. Bagus untuk kesehatan otak
Tidak banyak yang tahu jika bersepeda, padahal dalam waktu singkat, juga baik untuk otak. Faktanya, bersepeda dengan intensitas tinggi selama 15 menit saja bisa meningkatkan kekuatan ingat. Temuan hal yang demikian telah diterbitkan dalam jurnal Scientific Reports, dan dilaporkan bisa menjadi salah satu metode untuk mengurangi risiko demensia.

3. Tidur lebih nyenyak
Tidur yang cukup dengan mutu baik betul-betul penting bagi kesehatan jasmani dan mental. Isu pantasnya, sejumlah penelitian menyebutkan bahwa bersepeda selama 15 menit tiap-tiap harinya bisa meningkatkan mutu tidur dan memecahkan insomnia.

4. Hidup lebih lama
Sebuah studi di European Journal of Cardiology menemukan bahwa mereka yang hanya melakukan jalan kencang selama 15 menit mempunyai kemungkinan 22 persen lebih kecil untuk meninggal dibandingkan mereka yang tidak melakukan olahraga.

Menariknya, penelitian ini tidak didasarkan pada latihan HIIT, tapi jalan kencang yang yakni olahraga ringan. Karena itu, kau bisa memakainya pula untuk olahraga sepeda selama 15 menit demi menciptakan manfaat kesehatan yang sama.

Related Post